Sunday, August 22, 2010

SANG "GHOIB" YANG AKHIRNYA MENAMPAKKAN DIRI


Oleh: Andry X-san


Ramadhan ke-11….,

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh barokah. Dan semoga aja barokah itu menular pada pengamatan saya hari ini. Heheheheee…., paling tidak itu lah sepenggal doa yang saya panjatkan saat memulai pengamatan hari ini.

Dan ternyata benar…


Entah mimpi apa saya semalam sehingga saya berhasil mempersempit jarak yang selama ini terlalu lebar untuk saya gapai. Singkat kata sosoknya menurut saya sangat misterius. Saya sendiri sampai lupa ini kali ke berapa mahkluk tersebut terpantau saat pengamatan, namun selama itu pula belum satu foto pun yang layak untuk dijadikan bukti bahwa “Si Ghoib” ini memang benar-benar ada. Saya pun acap kali enggan saat menyebut namanya sebagai mahkluk asli yang ber-KTP dan ber-stempel resident pulau Serangan. Ini lantaran foto-foto yang nyangkut di kamera saya semuanya tidak layak tayang (ini bukan karena fotonya seronok sehingga ga’ lulus Badan Sensor Film lho yaa.., melainkan karena foto2nya buram). Yaaah…, maklum di mana-mana yang namanya KTP-kan musti dilengkapi ama foto…, iya khan?! Kalo ga’ ada fotonya ya ga bisa mbuat KTP alias belum terdaftar menjadi penduduk resmi suatu daerah…, bener tidak?!

Akhirnya setelah puluhan peluh bercucuran dan sesaat sebelum baterai kamera saya lowbet, dia pun menampakkan wujud nyatanya. Dan untuk pertama kalinya, kamera saya berhasil membidik tepat ke arahnya. Puluhan megapixel pun tersita hanya untuk mengabadikan moment-moment manis yang selama ini jarang saya jumpai. Ini lah dia Si Ghoib, Sang Mistery guest kita kali ini: Realy Wili-Tiny,Winny,Bitty, hihihihiiiiii…(^_*)


= Wili-wili Besar (Burhinus giganteus) atau nama kerennya Beach Thick-knee =


Berukuran besar dengan paruh hitam kekar. Pada pangkal paruhnya terdapat warna kuning. Iris kuning dan beralis putih. Tubuh bagian atas coklat abu-abu sedangkan sayapnya terdapat garis putih. Dada berwarna abu-abu dan kaki kuning. Spesies ini tersebar di seluruh Indonesia (MacKinnon dkk., 1992).

Namun ada yang anehnya sepanjang saya menggamati keberadaan spesies ini. Saya selalu menjumpai 1 sampai 2 ekor Wili-wili dan jumlahnya pun tidak bertambah setiap tahunnya. Ya ini-ini aja… Tapi terlepas dari itu semua, saya merasa senang karena kini bertambah lagi koleksi foto-foto saya. Dan yang paling penting sekarang saya bisa membuatkan KTP buat Wili-wili besar agar dia bisa bebas tinggal di habitatnya tanpa harus kejar-kejaran dengan para Pecalang (semacam HANSIP kalo di daerah lain red.) seperti saya gara-gara ga’ pernah punya KTP Bali. Heheheheheheeee…..

Oiya... terus saran buat Bang MacKinnon, di halaman gambar udah bisa ditambah tuh kode penyebaran Wili-wili Besar menjadi SKJ(B). Matur Suksma...



















2 comments:

  1. wili piti siti diti titi miti....
    congrat! keren bro... ayo tambah meneh datane ben buku SKJB ndang dimakzulkan hahahaha...

    ReplyDelete
  2. iso' ae sampean masbro... TENG KYU buat supportnya. hehehee...

    ReplyDelete