Saturday, August 28, 2010

Distribusi dan Aktivitas Kakatua Kecil Jambul Kuning (Cacatua sulphurea citrinocristata Fraser, 1844) di TN Manupeu Tanadaru, Kab. Sumba-NTT

skripsi untuk memenuhi tugas akhir mencapai derajat Sarjana S-1
Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana, Bali 2006
oleh: Welhelmina Yuliana Galla, S.Si

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi dan aktivitas Kakatua kecil jambul kuning (Cacatua sulphurea citrinocristata) di Taman Nasional Manupeu Tanadaru, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini telah dilakukan di 4 desa yaitu Manurara, Waimanu, Umbu Langngang dan Kondamaloba dari tanggal 18 Mei sampai 20 Agustus 2005.

Untuk mengetahui lokasi distribusi Cacatua sulphurea citrinocristata digunakan metode wawancara semi terstruktur di setiap desa. Berdasarkan hasil wawancara dan survei lapangan kemudian dilakukan pengumpulan data. Pengumpulan data jumlah burung dilakukan dengan menggunakan metode titik hitung serta pengumpulan data aktivitas dan interaksi dilakukan dengan metode Ad Libitum Sampling. Data distribusi maupun data aktivitas Cacatua sulphurea citrinocristata dianalisa secara deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian, Cacatua sulphurea citrinocristata hanya dijumpai di desa Manurara (25 ekor), Waimanu (21 ekor) dan Umbu Langngang (11 ekor), sedangkan di Kondamaloba tidak dijumpai adanya burung ini. Aktivitas Cacatua sulphurea citrinocristata yang dapat teramati adalah aktivitas flying, perching, preening, agonistik, foraging dan reproduksi. Selain aktivitas-aktivitas tersebut ditemukan juga adanya interaksi interspesifik dan interaksi intraspesifik.


Kata kunci : Cacatua sulphurea citrinocristata, Distribusi, Aktivitas, Taman Nasional Manupeu Tanadaru



Download 29 Mb, .....thank ijin sharenya ya jeng Neni.....suksme so much...

No comments:

Post a Comment