Sunday, September 13, 2009

KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG AIR DI KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA (TAHURA) NGURAH RAI, BALI

pengantar: oni purwoko basuki


Ini masih berkaitan dengan burung-burung air yang berada dikawasan selatan Kabupaten Badung, Bali. Tentang keanekaragaman jenis dan aktivitas dari burung air yang berada di Taman Hutan Raya Ngurah Rai,mencakup beberapa lokasi penelitian yaitu di pulau Serangan, Pelabuhan Benoa, Mangrove Information Centre, Estuary Dam, Kedonganan, dan BTDC Lagoon Nusa Dua. Skripsi dari Andrian Novel Aribianto, S.Si dalam menyelesaikan studi di jurusan Biologi Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana, Bali tahun 2004.

INTISARI
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis, kisaran jumlah populasi dan aktivitas burung air. Lokasi penelitian bertempat di kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) Ngurah Rai mulai tanggal 16 Maret sampai dengan 22 Juli 2004. Metode yang digunakan untuk mengetahui keanekaragaman jenis burung air adalah metode jelajah dan untuk mengetahui kisaran jumlah populasi burung air digunakan Metode IPA (Indices Ponctuelles d’ Abundance Counts) (Bibby et al., 1992: Alikodra, 1993). Sedangkan untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan oleh burung air digunakan metode Ad Libitum (Altman, 1974).
Dari penelitian ini berhasil diidentifikasi 41 jenis burung air yang termasuk dalam 7 familia. Tujuh belas jenis burung air yang ditemukan merupakan burung air migran sedangkan 22 jenis merupakan burung yang dilindungi di Indonesia. Bahkan jenis burung gajahan timur (Numenius madagascariensis) telah mendapatkan status mendekati terancam punah (Near threatened) dari IUCN (International Union Conservation of Nature and Natural Resources) (Anonim, ?). Aktivitas yang dilakukan oleh burung air selama pengamatan adalah mencari makan (40 %), istirahat (27 %), terbang (18 %) dan bertengger (15 %).

Untuk hasil lengkapnya silahkan diambil disini, bentuk file pdf 19,369 KB saya pecah menjadi 4 bagian kecil (bab I, bab II, bab III, kesimpulan). Terimakasih untuk Andrian Novel atas ijinnya mengupload skripsinya dan berbagi ilmu keteman-teman semua....Thanks bro, moga bermanfaat bagi kita semua

5 comments:

  1. aslm, cak oni, saya dimas kokokan, misal saya tampilkan hasil skripsi saya mengenai aktivitas bpengamatan burung di MIC boleh apa tidak yaa, mohon sarannya, suwun, wass

    ReplyDelete
  2. Wa'alaikumsallam,
    Monggo saja Dhimas, ini blok terbuka bagi kawan-kawan, kita malah seneng kok, .... boleh kirim ke burungkecil062009@gmail.com ato ketempatku onipurwokobasuki@gmail.com...betewe aniwe kenken kabar? kapan maen kebali lagi?

    ReplyDelete
  3. halo cak oni, ini widi bio-unud angk 2000, msh ingat pastinya..piye kabare?? aku lg ngrintis program studi biologi konservasi Dhyana Pura suatu saat aku pasti butuh bantuanmu mengenai konservasi burung. matur suksme

    ReplyDelete
    Replies
    1. matursuksme juga sudah mampir bli,....
      aku lupa-lupa ingat, tapi kayaknya masih ingat deh...:-D,
      kalau bisa membantu kita sangat senang, mudah-mudahan lancar kegiatannya....

      Delete
  4. Siang cak oni.. mau tanya ada rencana ni mau pnelitian burung di TAHURA Ngurah Rai, Bali. saya pratiwi dari IPB jurusan konservasi. ada tidak komunitas yg sering monitoring disana? Maatur sukseme cak dan salam kenal :)

    ReplyDelete